iyut elektronik

Kamis, 25 Agustus 2016

TV TABUNG GAMBAR LUNTUR WARNANYA

  Tadi pagi saya menerima pasien tv tabung merk china, dengan kerusakkan warnanya lumer atau luntur, gambar gak jelas, dikecilkan bightness dan contrastnya tetap tidak bisa. Saya coba ganti elko bagian video 180V 22mf/250V, tapi masih gambar tetap tidak ada perubahan, saya coba ganti flyback dengan flyback bekas, kebetulan ada stock, masih tetap juga gambar sama gitu gitu juga belum ada perubahan, saya ganti socket CRT masih juga tidak ada perubahan, sampai saya ganti tabung CRT pake tabung CRT yang lain kebetulan saya banyak tersedia, masih juga gak ada perubahan.
  Saya benar benar dibikin pusing tujuh keliling, saya coba bertanya ke mbah google, baca baca dari semua pengalaman para master, tapi tetap juga gak menemukan hasil.
  Dari semua hasil dan pemeriksaan yang pernah saya coba, saya kembali berfikir untuk membongkar habis bagian RGB di belakang tabung CRT, dan semua sparepart yang ada di ekor CRT dibabat habis, di copot diperiksa satu persatu, dan ternyata biang keroknya ada di transistor driver typenya C1815, antara colector dan emitornya konslet, hmmmhhh.... Saya coba ganti dengan yang baru....ternyata saya coba dinyalakkan tv.........langsung gambar jernih, mantaaap!!!, terima kasih semoga bermanfaat...aammiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TV AKARI TIDAK ADA GAMBAR

  Asslkm,   Semoga anda semua berada dalam kebahagiaan, salam super  dari saya. Saya akan berbagi pengalaman menghadapi kerusakan tv akari...