iyut elektronik

Rabu, 27 April 2016

TV POLYTRON MX5201E VERTIKAL KURANG LEBAR

  Selamat malam sobat sesama servis elektronik, semoga anda dalam keadaan sehat, aammiin.
  Saya akan berbagi ilmu dan pengalaman saat memperbaiki tv POLYTRON MINIMAX TYPE MX5201E dengan kerusakkan gambar raster kurang lebar, gambar siaran tv ada, suara normal, cuman gambar kurang penuh dibagian vertikal.
  Nomor IC vertikal : LA78040B
  Nomor IC CPU.       : R2J10172HW-A00EP
  Saya bongkar tv tersebut dan saya periksa satu persatu dibagian vertikal, saya cabut semua elko yang berhubungan dengan IC vertikal hasilnya masih tetap tidak ada perubahan, saking bingungnya saya tidak ada perubahan, saya coba semua resistor yng berhubungan langsung dengan kaki IC vertikal saya cabut satu persatu dan diukur, tapi tetap tidak ada yang rusak atau berubah nilainya, dengan keputusan resistor masih bagus, terus saya mencoba semua tegangan diukur di kaki IC vertikal tapi semua normal.
  Terus mungkin saya kira ICnya yang rusak saya coba ganti IC LA78040B, tapi hasilnya sangat diluar dugaan, tidak ada perubahan sama sekali, gambar tetap tidak ada perubahan sama sekali, alias tetap.
  Mencoba saya buka service mode, dengan cara tv posisi standby, tekan menu di remot, tekan terus sampai lampu led indikator mati, pertanda tv hidup pas keluar minta kode saya masukkan kode nomer 1013, saya coba dirubah ukuran bagian vert amplynya tapi tetap gambar kurang lebar dan kurang penuh, hhhmmmmh.....sangat luar biasa saya menemukkan penyakit pasien seperti ini, ini termasuk luar biasa, atau tidak lajim. Tapi yang namanya dokter tidak ada kata untuk menyerah, tidak ada kata mundur maju terus.
  saya coba buka mbah google untuk melihat datasheet IC vertikal LA78040B, saya periksa satu persatu kaki IC, tapi benar benar tidak ada tanda tanda bermasalah.
  Dan saya coba periksa di bagian jalur input di IC vertikal di kaki nomor 1 lihat jalurnya kemana, ternyata ke IC CPU terus periksa, dan saya menemukan elko C401 : 0,1mf/50V, saya cabut dan ganti dengan yang baru dengan nilai sama, dan hasilnya sungguh luar biasa gambar langsung lebar, dikarenakan tadi saat gambar kurang penuh dan saya ditambah nilai di bagian vert amply, di service mode, saya buka kembali diservice mode dan dikembalikan ke semula, hasilnya sungguh luar biasa, gambar normal dan oke.
  Terima kasih sahabat semoga bermanfaat.
  Wasslam.

3 komentar:

  1. Maaf gan numpang tanya.. Klu tv gambarnya terlalu lebar apa nya ya... Gambar badanya tinggi tapi kepalanya kecil..
    Maaf gan minta solusinya...

    BalasHapus
  2. Maaf baru dibales, itu biasanya dibagian vertical drivernya ada yang lemah di elkonya, biasabya disekitar ic vertikal, ganti semua aja gan yang nilainya kecil,

    BalasHapus

TV AKARI TIDAK ADA GAMBAR

  Asslkm,   Semoga anda semua berada dalam kebahagiaan, salam super  dari saya. Saya akan berbagi pengalaman menghadapi kerusakan tv akari...